EDARAN.ID – PT Unilever Indonesia, Tbk (UNVR) hampir genap berusia 90 tahun.
Di usia yang 90 tahunnya ini, Unilever berkolaborasi dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk renovasi 90 surau di berbagai wilayah.
Kolaborasi Unilever dengan DMI ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU).
Kegiatan ini sebagai bentuk syukur atas perjalanan panjang bertumbuh bersama Indonesia.
Kerja sama ini juga memperkuat kemitraan Unilever Indonesia dengan DMI yang telah terjalin sejak 2017, untuk memajukan kualitas hidup komunitas Muslim dengan memfasilitasi tempat ibadah dan belajar agama yang lebih bersih dan nyaman.
Keseluruhan kegiatan akan dijalankan secara bertahap hingga tahun depan.
Renovasi surau Surau atau Musala dilakukan karena memiliki peran sentral bagi kehidupan masyarakat untuk saling mentransfer nilai-nilai agama, sosial dan budaya.
Dari lingkungan Surau bahkan telah terlahir sederetan tokoh dan cendekiawan Muslim ternama.
Maka perlu dipastikan bahwa Surau di Indonesia tetap dalam kondisi terawat dan terpelihara.
MoU kerja sama antara Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Unilever Indonesia ditandatangani langsung oleh H. Muhammad Jusuf Kalla selaku Ketua Umum DMI dan Ira Noviarti selaku Presiden Direktur Unilever Indonesia.
Penandatanganan MoU itu disaksikan jajaran direktur Unilever Indonesia beserta jajaran pimpinan pusat DMI
Ketua Umum DMI Muhammad Jusuf Kalla, mengapresiasi Unilever yang berkontribusi dalam menjaga kebersihan masjid.
Kerja sama yang terjalin selama 6 tahun ini diharapkan semakin erat, terutama dengan penambahan jumlah masjid dan musala setiap tahunnya.
Kalla mengatakan ada lebih dari 800 ribu, mendekati 1 juta termasuk Musala yang kecil-kecil dan Surau yang tersebar di Indonesia.
“Surau itu artinya tempat ibadah yang lebih kecil, sama seperti Musala atau istilah lainnya. Banyak Surau yang dibangun oleh masyarakat dalam kondisi yang perlu banyak peningkatan dan perbaikan. Oleh karena itu, kerja sama ini bisa menjadi contoh untuk masyarakat lainnya untuk selalu memperbaiki tempat ibadah,” kata Kalla dalam keterangannya, Selasa (5/12/2023).
Presiden Direktur Unilever Indonesia Ira Noviarti mengatakan terima kasihnya atas kepercayaan DMI kepada perusahaan.
Kolaborasi ini menurutnya menjadi bentuk syukur perusahaan bertepatan dengan hari jadinya yang ke-90.
“Perjalanan panjang ini menjadi landasan tekad yang lebih kuat bagi kami untuk terus menerapkan bisnis secara bertanggung jawab dan berkelanjutan agar kehadiran Unilever Indonesia terus dapat berkembang seraya memberikan manfaat positif bagi masyarakat,” kata dia.
Program Renovasi 90 Surau bersama DMI ini didukung oleh lima brand Unilever Indonesia yang sangat dekat dengan keseharian masyarakat, yaitu Pepsodent, Lifebuoy, Royco, Sunsilk, dan Sunlight.
Tidak hanya membantu proses renovasi, dengan kebersihan Surau yang selalu terjaga, diharapkan masyarakat akan lebih nyaman beribadah dan menimba ilmu agama, serta bisa menanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang dicontohkan di Surau.***