Bawaslu Bulukumba Kuatkan Simpul Pengawasan Partisipatif dengan Program Campus Talk

Nurjannah
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bulukumba, menggelar kegiatan Bawaslu Campus Talk di STAI AlGazali Bulukumba, Selasa (14/11/2023).

EDARAN.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bulukumba, menggelar kegiatan Bawaslu Campus Talk di STAI AlGazali Bulukumba, Selasa (14/11/2023)

Kegiatan itu untuk memperkuat simpul pengawasan partisipatif.

Ketua Bawaslu Bulukumba, Bakri Abubakar dalam sambutannya menjelaskan beberapa upaya yang telah dilakukan Bawaslu Bulukumba dalam memperkuat simpul pengawasan partisipatif seperti mendorong terbentuknya desa pengawasan dan anti politik uang, menyasar pemilih pemula dan pemilih disabilitas, melakukan kerjasama bersama organisasi masyarakat, organisasi pemuda dan media serta stakholder terkait untuk bersama-sama aktif dalam pengawasan pemilu serentak 2024.

BACA JUGA  Sejumlah Pengusaha dan Purnawirawan TNI Merapat ke TPN Ganjar-Mahfud, ini Nama-namanya

“Selain kegiatan tersebut, Bawaslu Bulukumba kali ini Kembali melaksanakan program Bawaslu Campus Talk, dimana kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi civitas akademica mengenai pentingnya keberadaan perguruan tinggi sebagai salah satu unsur dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilihan Umum”, jelasnya.

Bakri menambahkan jika perguruan tinggi memiliki andil yang sangat penting sebagai pengawas independen terhadap pelaksanaan pemilu, penting bagi institusi pendidikan tinggi untuk ikut serta dalam setiap tahapan dalam Pemilu.

BACA JUGA  Hari Pertama Kampanye, Pemuda Bulukumba Mulai Pasang Baliho Gibran 'Gigih Berani'

Selain itu, mahasiswa dalam perguruan tinggi masih memiliki independensi dan idealisme yang tinggi, sehingga melalui Bawaslu Campus Talk ini Bawaslu mengajak mahasiswa memperkuat simpul pengawasan partisipatif memastikan terselenggaranya pemilu yang berkualitas, urainya.

Ditempat yang sama, Ketua STAI AlGazali Bulukumba Dr. H. Irmansyah mengapresiasi langkah Bawaslu Bulukumba dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam pengawasan khususnya pelibatan mahasiswa dalam pengawasan partisipatif.

“Kegiatan ini sejatinya bagian dari tindaklanjut MoU yang telah dilakukan beberapa waktu lalu, sehingga melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas demokrasi kedepan,” harapnya.
Sementara itu Anggota Bawaslu Bulukumba, Awaluddin dalam materinya menjelaskan bahwa perguruan tinggi memiliki andil yang sangat penting sebagai pengawas independen terhadap pelaksanaan pemilu.

“Begitu banyak pelanggaran terkait pelaksanaan Pemilu, dan hal itu bisa diminimalisir dengan kehadiran institusi pendidikan, keterlibatan mahasiswa dalam proses pengawasan,” tambahnya

BACA JUGA  Pernyataan Gibran Viral, ini Perbedaan Asam Sulfat dan Asam Folat

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah civitas akademika serta mahasiswa STAI Algazali Bulukumba, turut hadir ketua yayasan sekaligus Ketua MUI Bulukumba Drs. K.H, TJamiruddin.